A. KODE EXCESS-3
Pengkodean Excess-3 sering digunakan untuk menggantikan kode BCD karena mempunyai keuntungan - keuntungan tertentu dalam operasi aritmatik. Pengkodean Excess-3 untuk bilangan desimal dapat dilakukan dengan cara menambah 3 setiap digit bilangan desimal sebelum diubah menjadi biner.
Tabel 1.1. menunjukan ekivalen dari bilangan Desimal menjadi kode Excess-3.
Tabel 1.1. Ekivalen bilangan Desimal menjadi kode Excess-3.
tabel 1.1
B. KODE GRAY
Kode Gray digolongkan dalam kode perubahan minimum, kode Gray hanya mengubah satu bit dalam grup kodenya apabila pindah dari satu step ke step berikutnya. Kode Gray merupakan kode tak berbobot, posisi-posisi bit dalam grup kode tidak mempunyai bobot tertentu oleh karena itu kode Gray tidak sesuai untuk operasi aritmatik. Kode Gray digunakan pada alat-alat input –output dan konverter analog ke digital.
Tabel 1.2. menunjukan ekivalen dari bilangan Desimal ke biner dan kode Gray
Tabel 1.2. Ekivalen bilangan Desimal ke biner dan kode Gray
Tabel 1.2
B. Contoh mengonversian Bilangan
Ubah bilangan desimal 11 ke kode XS-3
1 1 Desimal
3+ 3+
4 4
0100 0100 XS-3
- Contoh konversi XS-3
0111 1000 1010 ke desimal
0111 1000 1010 XS-3
7 8 10
3 - 3 - 3 –
4 5 7 Desimal
2. Contoh:
Sandilah 64 (10) ke dalam excess-3?
6 4
3 + 3 +
0111 1000 1010 ke desimal
0111 1000 1010 XS-3
7 8 10
3 - 3 - 3 –
4 5 7 Desimal
2. Contoh:
Sandilah 64 (10) ke dalam excess-3?
6 4
3 + 3 +
9 7
1001 0111 ---- Diubah ke biner
1001 0111 ---- Diubah ke biner
Maka 64 (10) = 10010111 (xs-3)
Mengubah Excess-3 ke Desimal
Contoh : 10001100 (xs-3) = ..... (10)
1000 1100
0011 + 0011 + ---- dikurangi dengan 0011 = 3
0101 1001 ---- bilangan BCD
5 9
Maka bilangan: 10001100 (xs-3) = 59 (10)
Mengubah Excess-3 ke Desimal
Contoh : 10001100 (xs-3) = ..... (10)
1000 1100
0011 + 0011 + ---- dikurangi dengan 0011 = 3
0101 1001 ---- bilangan BCD
5 9
Maka bilangan: 10001100 (xs-3) = 59 (10)
3. Contoh:
gray ke biner
101110101(gray)=....(2)
Caranya :
1---- angka pertama tetap sama
Kemudian tambahkan secara diagonal sebagai berikut :
1 0 1 1 1 0 1 0 1 (gray)
1 1 0 1 0 0 1 1 0 (2)
1 1 0 1 0 0 1 1 0 (2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar